Virus Trojan Baru Menyamar dalam Game Tic-Tac-Toe Android

Kaspersky Lab mendeteksi virus Trojan baru yang menargetkan perangkat Android dan menyamar sebagai aplikasi permainan, Tic-Tac-Toe. Malware baru ini disebut sebagai Trojan Gomal yang mengumpulkan informasi tentang perangkat yang diinfeksi dan mengirimkan semua data ke server utamanya.

Tidak hanya itu, program jahat ini juga memiliki fungsi baru yang jarang terlihat dalam jenis malware lainnya. Gomal memiliki fungsi dan sistem, seperti pada spyware atau program jahat lainnya. Program ini bekerja dengan merekam suara, melakukan panggilan dan mencuri SMS.

Selain itu, malware ini juga memiliki mekanisme yang menyediakan akses ke berbagai layanan Linux dan menyerang sistem operasi yang berbasis Android.  Sistem Trojan yang ada didalamnya, bekerja dengan membaca memori dan juga merusak banyak aplikasi komunikasi.

"Permainan TicTacToe yang tampaknya tidak berbahaya ternyata memberikan penjahat cyber akses ke sejumlah besar data pribadi dari pengguna perangkat Android serta data perusahaan tempat pengguna bekerja,” ujar Anton Kivva, analis antivirus di Kaspersky Lab, pada keterangan rilisnya yang diterima Okezone, di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Menurutnya, Gomal yang awalnya diterapkan pada Trojan Windows, kini sekarang bisa terlihat dan berpindah ke malware Android. Program jahat ini, memiliki teknik untuk menyesuaikan diri untuk mencuri data dari aplikasi lain, dan besar kemungkinan dirancang untuk menyerang layanan email popular, instant messenger dan program lainnya yang akan dipakai pengguna.

Dan untuk menghindari terjadi infeksi virus, Kaspersky Lab juga memberikan tips kepada pengguna untuk selalu hati-hati saat menambah aplikasi pihak ketiga kedalam perangkat. Dan selalu perhatikan hal-hal yang diminta yang tidak sesuai dengan fungsi aplikasi. Selain itu juga, pengguna diharapkan selalu untuk menggunakan dan melakukan update aplikasi anti virus sebagai penjagaan.

Virus Trojan Baru Menyamar dalam Game Tic-Tac-Toe Android 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Virus Trojan Baru Menyamar dalam Game Tic-Tac-Toe Android' On ...

Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 14 Oktober 2014

Belum ada komentar untuk "Virus Trojan Baru Menyamar dalam Game Tic-Tac-Toe Android"

Posting Komentar

Thanks telah berkunjung. Komentar sobat sangat penting untuk membangun blog ini ke depannya. Namun dgn tidak mengurangi rasa hormat yg punya blog kepada sobat semua...komentar yang mengandung hal berikut akan langsung dihapus:

[+] komentar p*rno dan berbau jud*
[+] menghina dan menyinggung pihak lain
[+] komentar yang menggunakan anchor link!
[+] komentar dengan bahasa kasar dan tidak sopan